Bahasa Indonesia HL

Media Masa dan Kehidupan Sehari-hari

Bacalah bahan pembelajaran “Media Massa dan Kehidupan Sehari-hari” lalu jawablah pertanyaan di bawah ini:

  1. Jelaskan dalam 1 paragraf singkat revolusi informasi komunikasi?

Basis media digital saat ini dibentuk oleh revolusi informasi komunikasi. Media pertama dumulai 3.500 SM saat grafis gambar pertamakali dipahat pada batu. Dilanjutkan dengan penemuan papyrus atau daun lontar di bangsa mesir pada tahun 2.500 SM. Revolusi informasi komunikasi pertama terjadi pada tahun 1000 SM dimana penulisan fonetik ditemukan. Kemudian pada tahun 1455 revolusi informasi komunikasi kedua ditemukan yaitu mesin cetak bergerak. Penemuan ini mengizinkan pembuatan buku pertama, surat kabar pertama, dan majalah pertama. Hal terkemuka yang terjadi setelah revolusi tersebut adalah pada tahun 1899 Radio tanpa kabel atau radio wireless pertama kali digunakan oleh Guglielmo Marconi. Stasiun televisi NBC juga di debut di New York pada tahun 1939 dimana mereka juga memamerkan TV baru berkuran 5 inci dan 9 inci dengan harga $199.50 hingga $600. Revolusi informasi komunikasi ketiga terjadi pada tahun 1951 dimana computer digital memiliki fitur baru untuk memproses, menyimpan, dan menarik informasi. Revolusi ini mendorong penemuan-penemuan seperti Komisi Komunikasi Federal (FCC), internet, teknologi mobile (HP), dan teknologi wireless moderen.

  1. Bagaimana proses media massa menjadi wireless?

Dengan teknologi saat ini memungkinkan wireless media massa menggunakan teknologi seperti Wi-Fi atau Wireless Fidelity. Teknologi tanpa kabel (wireless) memungkinkan anda untuk dapat membawea media anda dengan bebas mengirim dan menerima pesan-pesan kapan saja, hamper dimana pun anda inginkan.

  1. Bagaimana proses komunikasi bekerja?

Komunikasi adalah tindakan atau perilaku mengirim pesan, ide, dan pendapat dari seseorang ke lainnya. Untuk berkomunikasi dengan satu sama lain, orang mengandalkan lima indra mereka yaitu penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman, dan perasa. Komunikasi massa menggunakan suatu medium atau alat pengirim untuk menyampaikan pesannya. Jika proses komunikasi dipecahkan, proses ini terdiri dari: “pengirim, pesan, penerima, saluran, umpan balik, suara”. Komunikasi massa dibagi menjadi tiga karakteristik: sebuah pesan dikrim melalui suatu bentuk system komunikasi massa (seperti Internet, cetak, atau penyiaran). 2) pesan dikirim cepat. 3) Pesan mencapai kelompok besar dengan cepat.

  1. Salah satu dari tiga konsep kunci tentang media massa adalah bahwa “ media massa adalah bisnis yang berpusat pada keuntungan” jelaskan maksud konsep ini!

Media massa dapat memengaruhi cara anda menggunakan suara dan cara anda membelanjakan uang. Media mengaruhi seluruh segi/aspek kehidupan masyarakat dari memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi, memengaruhi pemerintahan suatu negara, menyebarkan budaya, menawarkan hiburan, dan menyediakan sarana untuk mengekspresikan kesenian. Karena media mempunyai kekuatan ini, media sering digunakan untuk mempromosikan suatu produk. Karena keunggulan tersebut, media dapat mengumpulkan keuntungan uang yang banyak hanya untuk menyediakan produk dari bisnsi ini yaitu informasi dan hiburan ($436 milliar dalam setahun).

  1. Jelaskan hubungan antara konsumen dan pemasang iklan! Jelaskan dengan contoh yang terjadi di Indonesia!

Konsumen mendengarkan apa yang disorot oleh media, karena ini media dapat mempengarui cara masyarakat menggunakan suara dan cara masyarakat menggunakan uang. Konsumen sebenarnya membayar sebagian kecil dari produksi iklan itu karena yang sebenarnya membayar bagian besarnya adalah pemasang iklan tersebut. Dengan iklannya yang dipublikasikan, konsumen akan membayar balik dengan cara membeli produk yang diiklankan.

Contoh: Film The Raid 2 menggunakan budget $4.5 juta untuk memproduksi filmnya termasuk iklan-iklannya yang dimasukan di TV. Dari budget itu, mereka dapat mendapatkan lebih dari $15 juta

  1. Mengapa kamu harus mengerti media dan hubungannya dengan kehidupanmu sehari-hari?

Kemajuan teknologi secara langsung memengaruhi kecepatan bagiamana masyarakat dan budaya berkembang. Jadi saat teknologi berkembang, produk-produk lama akan perlu ditukar ke produk yang lebih baru bahkan jika produk itu tidak lama dibeli oleh konsumen tersebut. Dari ini, kita juga dapat melihat bagaimana perubahan teknologi memengaruhi bisnis media.

  1. Daftarkan situs-situs media massa di Indonesia yang sering kamu gunakan dan jelaskan apa kegunaan situs-situs tersebut bagimu!

Kaskus.co.id

Saya menggunakan situs media itu karena situs itu menggunakan bahasa yang cenderung lebih mudah dimengerti dibandingkan dengan membaca sesuatu di situs media lainnya. Situs ini juga mempunyai fitur untuk berkomentar dan berkdiskusi dengan pembaca lainnya. Dengan fitur ini, saya dapat bergabung dengan percakapan atau diskusi.

Detik.com

Saya menggunakan situs detik karena informasi atau berita yang dipublikasikan di website mereka selalu “up to date”. Salah satu fitur unik dari situs Detik adalah bahwa mereka memiliki akun untuk Twitter yang saya follow. Keuntungan saya untuk follow twitter mereka adalah akun mereka selalu memberikan tweet tentang berita-berita baru secara realtime.

Leave a Reply