Educational

Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Pancasila adalah ideologi negara Indonesia atau sering disebut sebagai dasar falsafat negara Indonesia (fundamental norm). Pancasila adalah dasar rumusan untuk mengatur pemerintah dan mengatur penyelanggaraan negara. Konsep-konsep Pancasila tentang kehidupan bernegara merupakan cita hukum yang harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila sangat penting untuk masyarakat Indonesia dimana Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara bersifat tetap, kuat, dan tidak dapat diubah oleh siapa pun, termasuk oleh MPR-DPR hasil pemilihan umum. Jika pancasila diubah, Pancasila berarti membubarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Dengan pancasila sebagai dasar negara, hukum dasar tertulis (UUD), hukum tidak tertulis (konversi), dan semua hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam negara Republik Indonesia harus dibuat berdasarkan pancasila tersebut.

Istilah “Pancasila” pertama kali dapat ditemukan dalam buku Sutasoma karangan Mpu Tantular (diitulis pada jaman Majapahit abad 14). Pancasila berisi lima larangan yaitu melakukan kekerasan, Mencuri, berjiwa dengki, berbohong, mabuk akibat minuman keras. Menggunakan inspirasi pancasila dalam buku Sutasoma tersebut, Indonesia merubah dan juga menambahkan pandangan hidup bangsa Indonesia yang ideal. Istilah “sila” dari kata “pancasila” adalah peraturan yang melatar belakangi perilaku seseorang atau bangsa yang ideal Untuk Indonesia. Contohnya adalah kelakuan atau perbuatan yang sopan dan moral. Pancasila diusulkan oleh Ir. Soekarno sebagai dasar negara pada sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945.

Istilah “panca” dari kata Pancasila adalah arti untuk kata “lima”. Karena panca ditambah dengan sila menjadi Pancasila, atau lima peraturan, pancasila memiliki lima prinsip atau asas. Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sendi yang pertama menekankan bahwa rakyat yang ideal percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agaman dan kepercayaan masing-masing. Prinsip kedua mengakui persamaan derajat persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia. Sila ketiga menempatkan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia diatas kepentingan pribadi dimana masyarakat harus rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara. Prinsip keempat mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. Sila terakhir mengembangkan konsep dimana rakyat ideal yang bersikap adil dan menghormati hak-hak orang lain.

Sebagai dasar negara Indonesia, Pancasila mempunyai lima fungsi penting. Pertama, Pancasila berperan sebagai dasar dari setiap pandangan di Indonesia. Pancasila dibuat masyarakat menjadi sebuah pedoman dalam mengambil keputusan. Kedua, Pancasila berperan sebagai jiwa bangsa. Pancasila haruslah menjadi jiwa dari bangsa Indonesia. Pancasila harusnya mendorong jiwa dari masyarakat Indonesia supaya melakukan yang terbaik. Ketiga, Pancasila bekerja sebagai kepribadian bangsa. Indonesia yang terkenal dengan kepribadian masyarakat yang baik dan yang sopan, pancasila mendorong berkepribadian bangsa Indonesia yang sangatlah penting dan juga menjadi identitas bangsa Indonesia. Oleh karena itu Pancasila harus diserap pribadi bangsa Indonesia supaya Pancasila menjadi Kepribadian Bangsa. Keempat, Pancasila sebagai sumber hokum atau peraturan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, panacasila menjadi sumber hukum dari semua hukum yang dibuat dan berlaku di Indonesia. Karena ancasila sebagai dasar negara tidak boleh ada satu pun peraturan yang bertentangan dengan Pancasila. Kelima, Pancasila sebagai cita cita bangsa. Pancasila yang dibuat sebagai dasar negara juga dibuat seperti visi dan misi negara dan cita cita bangsa. Lima sendi utama dari pancasila merupakan visi dan misi untuk pancasila dan akan terus dijalankan.

 


Sumber:

http://kulpulan-materi.blogspot.co.id/2012/04/pancasila-sebagai-dasar-negara-republik.html

. https://arifashkaf.wordpress.com/2014/10/07/pancasila-sebagai-dasar-negara-republik-indonesia/

http://brainly.co.id/tugas/870180

https://id.wikipedia.org/wiki/Pancasila

 

One thought on “Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Leave a Reply