Bahasa Indonesia HL

Analisis Video: TED – Liza Donnelly: Drawing upon humor for change

Analisis Bahasa dan Gender

Pesan yang ingin disampaikan oleh Liz Donnely on TED.com December 2010 (Drawing upon humor for change)

 

Pesan yang ingin disampaikan oleh Liz Donnely adalah bahwa media dan masyarakat selalu membombardir kita dengan kata-kata dan hal-hal tentang bagaimana kita harus bertingkah laku. Bahkan saat kita lahir pun kita telah diasosiasikan stereotip dan bias. Contohnya adalah anak-anak perempuan di-ajarkan untuk menjadi orang yang baik dan sopan. Perempuan juga diberitahu untuk menyukai warna tertentu, cara berdandan, dan cara menjadi perempuan lainnya. Dan peraturan-peraturan ini pun selalu di monitor oleh masyarakat dan selalu dikoreksi atau dipandang aneh saat ada yang tidak mengikuti karakteristiknya. Namun menurut Liz, hal-hal dan karakteristik yang telah dikonstruksi oleh masyarakat tersebut dapat kita rubah karena menurutnya karakteristik tersebut tidak adil.
Teknik yang digunakan oleh Liz untuk menyapaikan pesannya. Liz Donnely menggunakan gambar cartoon untuk menyampaikan pesan-pesannya. Menurutnya, ia telah ”break the little glass ceiling” atau telah memecahkan kaca langit-langit yang mengartikan bahwa ia telah melewati barrier dimana biasanya profesi tersebut tidak bisa dicapaikan oleh minoritas atau oleh perempuan. Maksudnya adalah bahwa biasanya penggambar kartun adalah laki-laki namun ia telah memasuki dunia tersebut yang biasanya didominasioleh laki-laki. Namun bukan hanya itu, Liz juga menggunakan kartunnya untuk mengkritik masyarakat menggunakan cara yang humoris. Liz percaya bahwa dengan menggunakan humor, kita mengambil apa yang kita tahu dan menikungkannya dan membuatnya tak tertuga. Dan karena tikungan itu ditambah dengan kartun, kebenaran dapat keluar dari isu tersebut kepada penonton tidak hanya melalui intelek tetapi juga dari hati
Setuju/tidak setujukah Anda dengan pesan yang disampaikan? Berikan alasan! Saya setuju dengan pesan yang ingin disampaikan oleh Liz Donnely. Ini karena saya setuju bahwa media telah mengkonstruksi bagaimana seseorang harus bertingkah laku. Saya setuju bahwa seseorang harusnya boleh mendapatkan kesempatan untuk mengekspresikan dirinya sendiri tanpa dikontrol oleh masyarakat.

 

Leave a Reply